Anggota IKAPI

Pembelajaran Inovatif di Pendidikan Tinggi

Penulis:
Hamonangan Tambunan, Janner Simarmata, Din Oloan Sihotang, Salamun, Muhammad Nurtanto, Agung Nugroho Catur Saputro, Siswadi, Atti Herawati, Dina Chamidah, Sri Utami, Yusron Abda’u Ansya, ⁠Jumaidi Nur, David Soputra, Akbar Avicenna, ⁠Ilfa Stephane, Sukarman Purba, Enni Juliani

xviii; 334 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-781-4
Cetakan 1, Maret 2025
Harga Rp 135,600

Pendidikan tinggi memainkan peranan penting dalam membentuk karakter, keterampilan, dan pengetahuan yang diperlukan untuk memajukan individu serta masyarakat secara keseluruhan. Dalam konteks ini, inovasi dalam pembelajaran menjadi kunci utama untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang. Buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai berbagai metode dan pendekatan pembelajaran inovatif yang diterapkan di pendidikan tinggi, dengan fokus pada penggunaan teknologi, kolaborasi, serta pengembangan keterampilan abad 21.

Buku ini membahas:
Bab 1 Pengantar Pembelajaran Inovatif di Pendidikan Tinggi
Bab 2 Konsep Dasar Pembelajaran Inovatif dan Pembelajaran Abad 21
Bab 3 Pembelajaran Berbasis Teknologi di Pendidikan Tinggi
Bab 4 Pembelajaran Blended Learning: Konsep dan Implementasi
Bab 5 Problem Based Learning (PBL)
Bab 6 Pembelajaran Kolaboratif dalam Pendidikan Tinggi
Bab 7 Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pendidikan Tinggi
Bab 8 Pembelajaran Daring: Tantangan dan Peluang
Bab 9 Gamifikasi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa
Bab 10 Pembelajaran Berbasis Keterampilan di Pendidikan Tinggi
Bab 11 Integrasi Pembelajaran Sosial dan Emosional dalam Pendidikan Tinggi
Bab 12 Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan
Bab 13 Pendidikan Berbasis Kewirausahaan dan Inovasi
Bab 14 Menerapkan Prinsip Konstruktivisme dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Bab 15 Pembelajaran Berbasis Data: Menggunakan Data untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Bab 16 Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Multikultural
Bab 17 Pembelajaran Berbasis Kompetensi di Pendidikan Tinggi

Bagikan