Anggota IKAPI

Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan

Penulis:
Rahmi Ramadhani, Masrul, Dicky Nofriansyah, Mustofa Abi Hamid, I Ketut Sudarsana, Sahri,
Janner Simarmata, Meilani Safitri, Suhelayanti

xiv; 166 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-6512-58-6 (print)
E-ISBN: 978-623-6512-59-3 (online)
Cetakan 1, Juli 2020
Harga: 75.000,-

Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dengan menghadirkan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa serta kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Belajar dan pembelajaran merupakan dua kegiatan yang beriringan dan saling terkoneksi satu dengan lainnya. Artinya, proses pembelajaran tidak akan berhasil jika kegiatan belajar tidak hadir. Sebaliknya, jika komponen mengajar pada proses pembelajaran tidak dijalankan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran juga akan timpang dan tidak mencapai hasil yang maksimal.

Sebagai guru serta calon guru, memahami makna belajar dan pembelajaran sangat penting. Tujuannya hanya satu, mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Guru dan calon guru wajib memahami seperti apa teori, konsep dan hakikat belajar itu sendiri, sebelum menerapkannya di kelas pembelajaran yang sebenarnya. Mulai dari perspektif psikologi hingga perspektif sosial, seyogianya menjadi acuan bagi guru dan calon guru sebelum memulai aktivitas belajar mengajar (pembelajaran). Pemberian materi ajar hingga mendesain serta mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru serta calon guru. Pengetahuan dan keterampilan terkait tes evaluasi apa yang tepat untuk siswa juga memberikan efek dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, buku Belajar & Pembelajaran hadir sebagai bagian dari transfer keilmuan kepada guru serta calon guru. Buku Belajar & Pembalajaran ini terdiri dari 10 bab, di antaranya: Konsep Belajar & Hakiki Belajar, Hakikat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pengembangan Model Desain Pembelajaran, Pengembangan Media & Sumber Belajar, serta Pengembangan Tes Evaluasi. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidikan serta calon pendidik dapat mengetahui bagaimana penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara tepat baik dipandang dari sisi siswa maupun dipandang dari sisi guru.

Bagikan

5 thoughts on “Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan

  • Oktovianus Musus
    Januari 27, 2022 at 2:55 pm

    Salam sehat saya dari mahasiswa iakn kupang sangat puas dengan materi ini sangat bermanfaat bagi saya apa bila kalau ada materi baru langsung kirim di alamat email saya.

  • muh. parman
    Maret 19, 2022 at 12:10 am

    boleh minta file buku.. kami membutuhkan untk bahah penelitian

  • MUSRIFAH
    Juli 22, 2022 at 5:30 am

    BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN FILENYA

  • Mikri Babys
    Januari 16, 2023 at 12:47 am

    Sangat membutuhkan buku ini

Tinggalkan Balasan