Anggota IKAPI

Evaluasi Pembelajaran

Penulis:
Drs. Tauada Silalahi, M.Pd.

viii; 58 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-6761-24-3
Cetakan 1, Oktober 2020

Perkembangan sistem pendidikan di Tanah Air menuntut penyesuaian dalam segala faktor yang memengaruhi pelaksanaan sistem pendidikan termaksud. Salah satu diantaranya yang langsung mendapat sorotan utama adalah evaluasi. Keberadaan evaluasi dalam pendidikan adalah integral dalam proses belajar dan pembelajaran. Perkembangan evaluasi pengajaran yang terakhir ini adalah bahwa evaluasi pengajaran bukan lagi difokuskan pada penilaian akhir semata dari suatu program pengajaran, tetapi lebih ditekankan pada penilaian proses. Dengan penilaian proses berarti penilaian dilaksanakan sejalan dengan terjadinya proses belajar dan pembelajaran. Di samping hal itu penilaian sangat terkait dengan komponen-komponen kurikulum seperti tujuan, materi, metode pengajaran. Dengan hal itu, maka peranan penilaian dalam proses belajar dan pembelajaran semakin luas dan penting.

Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporannya. Di samping itu perlu pula mengetahui landasan teoritis dari hal-hal yang praktis tersebut.

Penyusunan buku ini disesuaikan dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) untuk evaluasi pengajaran yang ditetapkan untuk mahasiswa lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Isi buku ini telah disesuaikan juga dengan perkembangan yang terjadi dalam perkembangan kurikulum, dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Bagikan

16 thoughts on “Evaluasi Pembelajaran

Tinggalkan Balasan