Penulis:
Janner Simarmata, Yulia Rizki Ramadhani, Rani Rahim, Arin Tentrem Mawati, Rosmita Sari Siregar,
Dewa Putu Yudhi Ardiana, Siska Yulia Rahmi, Sukarman Purba, Bonaraja Purba,
Pratiwi Bernadetta Purba, Mesra Wati Ritonga
xiv; 158 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-6840-49-8 (print)
E-ISBN: 978-623-6840-50-4 (online)
Cetakan 1, Februari 2021
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik dalam proses belajar sehingga meraka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Tanpa belajar seseorang tidak mungkin bisa menjadi orang yang terdidik. Dengan kata lain orang yang terdidik adalah orang yang selalu gemar belajar. Dalam kehidupannya selalu berusaha untuk belajar, sehingga tertanam suatu prinsip pada dirinya “tiada hari tanpa belajar”.
Keseluruhan materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan terbagi dalam 11 bab sebagai berikut:
Bab 1 Konsep Dasar Belajar
Bab 2 Faktor-Faktor Memengaruhi Proses dan Hasil Belajar
Bab 3 Konsep Motivasi Belajar
Bab 4 Teori Belajar Behaviorisme
Bab 5 Manajemen Peserta Didik
Bab 6 Teori Belajar Konstruktivisme
Bab 7 Teori Belajar Humanisme
Bab 8 Konsep Dasar Pembelajaran
Bab 9 Komponen-Komponen Pembelajaran
Bab 10 Model Pembelajaran
Bab 11 Konsep Pembelajaran Kontekstual