Penulis:
Nina Mistriani, Nasrullah, Nia Lestari, Erika Revida, Marulam MT Simarmata, I Made Murdana,
Andreas Suwandi, Nisa Rahmaniyah Utami, Yuni Lestari, Nining Tristantie
xiv; 164 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-084-6
Cetakan 1, Mei 2021
Motivasi seseorang melakukan perjalanan wisata merupakan ”trigger” dari proses perjalanan wisata. Motivasi internal sebagai pendorong dari diri seorang wisatawan, sedangkan motivasi eksternal yang menjadi faktor penarik yang berasal dari atribut-atribut sebuah destinasi. Sapta pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan atau wilayah tertentu di negara Indonesia.
Buku ini dapat dianggap sebagai sajian mendasar dari konsep pariwisata dan perhotelann dan diharapkan memiliki potensi besar untuk berkontribusi baik secara teoritis maupun akademik. Bab-bab dari buku yang diusulkan menyatukan instrumen konseptual dari berbagai aspek dan didekati secara bergantian dengan mempertimbangkan tren baru (maupun tren lama yang telah menjadi grand theory), di antaranya adalah:
Bab 1 Sejarah Pariwisata
Bab 2 Peraturan Perundang-Undangan Pariwisata
Bab 3 Sifat dan Ciri Pariwisata
Bab 4 Usaha Jasa Pariwisata
Bab 5 Organisasi Pariwisata
Bab 6 Penggolongan Kepariwisataan
Bab 7 Prasarana Dan Sarana Kepariwisataan
Bab 8 Sapta Pesona
Bab 9 Etika Komunikasi Di Perhotelan
Bab 10 Dampak Pariwisata Pada Industri Kreatif