Penulis:
Michael Recard, Ana Widyastuti, Vina Febiani Musyadad, Dina Chamidah, Nenny Ika Putri Simarmata,
Emmi Silvia Herlina, Siti Saodah Susanti, Donald Loffie Muntu, Lastiar Roselyna Sitompul, H. Cecep, Hayani
xiv; 168 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-146-1
Cetakan 1, Juli 2021
Tujuan pembuatan buku referensi ini diharapkan dapat digunakan oleh kalangan akademisi, pendidik, dari level dasar sampai perguruan tinggi, dan penggiat pendidikan nonformal dan informal. Materi buku ini ditulis dari data empiris dengan gaya tulisan yang populer sehingga bisa diterima oleh masyarakat umum.
Buku ini membahas konsep dasar dan fundamental dari peserta didik itu sendiri sampai teori dan praktik perkembangannya, yang secara rinci dijabarkan dalam 11 bab:
Bab 1 Definisi, Hakikat, dan Kebutuhan Peserta Didik
Bab 2 Teori-Teori Perkembangan
Bab 3 Hukum – Hukum Perkembangan
Bab 4 Prinsip – Prinsip Perkembangan
Bab 5 Perkembangan Pranatal
Bab 6 Perkembangan Masa Awal Kanak – Kanak
Bab 7 Perkembangan Remaja
Bab 8 Pengaruh Perkembangan Emosi Terhadap Perkembangan Peserta Didik
Bab 9 Perkembangan Sosial Yang Dialami Peserta Didik
Bab 10 Perkembangan Moral Peserta Didik
Bab 11 Teori Belajar Behavioristik