Anggota IKAPI

Pengantar Manajemen Keperawatan

Penulis:
Adventina Delima Hutapea, Tutik Herawati, Ristonilassius, Tiurlan Mariasima Doloksaribu, Bima Adi Saputra, Dyah Widodo, Yulta Kadang, Shieva Nur Azizah Ahmad, Yohanes Gamayana T Aji, Christie Lidya Rumerung, Fitriyanti Patarru, Riama Marlyn Sihombing

xiv; 192 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-366-3
Cetakan 1, Januari 2022
Harga: Rp 91,200

Perawat saat ini diharapkan mampu memimpin dan mengelola perawatan di seluruh rangkaian perawatan kesehatan pasien. Oleh karena itu, Perawat sebagai tenaga kesehatan profesional harus menjadi seorang manajer dan pemimpin yang efektif untuk memenuhi tanggung jawab mereka terhadap diri mereka sendiri, klien dan profesi keperawatan. Perawat dan manajer keperawatan akan menjadi pemimpin bagi diri mereka sendiri, staf perawat dan mitra kerja dalam tim kesehatan; rekan kerja pada berbagai tingkat manajerial dalam organisasi pelayanan kesehatan dan sebagainya. Dalam posisi ini, perawat dan manajer keperawatan harus memiliki strategi yang kreatif, disiplin dan kemampuan dalam meneliti dan menganalisis sistem manajemen keperawatan secara kritis sebagai respon terhadap perubahan pelayanan kesehatan yang cepat dan berkelanjutan. Manajer dan pemimpin harus mampu mengintegrasikan pengetahuan dan kemampuan, serta keterampilan untuk menerapkan teori-teori manajemen ke dalam praktik pelayanan kesehatan kemudian memperluas aplikasi melalui penelitian.

Buku ini mencakup proses manajemen dan kepemimpinan dalam praktik pelayanan kesehatan. Isi buku ini membahas konsep dasar yang relevan dengan manajemen keperawatan dan aplikasinya dalam pelayanan keperawatan yang disusun menjadi 12 bab yaitu:
Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Keperawatan
Bab 2 Kepemimpinan Dalam Keperawatan
Bab 3 Model Asuhan Keperawatan Profesional
Bab 4 Model Praktik Keperawatan Profesional
Bab 5 Pengaturan Sumber Daya Keperawatan
Bab 6 Komunikasi dan Negosiasi
Bab 7 Konsep Pelaksanaan Supervisi
Bab 8 Manajemen Konflik
Bab 9 Kualitas Pelayanan
Bab 10 Audit Keperawatan
Bab 11 Mutu Pelayanan Keperawatan
Bab 12 Penilaian Kinerja Perawat

Bagikan

Tinggalkan Balasan