Penulis:
Putri Permatasari, Eka Nur Jannah, Eksa Rusdiyana, Siti Aminah, Afriansyah, Kiagus Muhammad Zain, Lukman Effendy, Nurtania Sudarmi, Oeng Anwarudin, Nurlina
xvi; 164 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-444-8
Cetakan 1, April 2022
Penyuluhan merupakan proses pendidikan dalam menyebarluaskan informasi sehingga terjadi rangsangan dalam proses perubahan perilaku melalui suatu proses belajar. Perubahan perilaku tersebut dapat terjadi melalui berbagai macam cara antara lain adanya bujukan, pemberian hadiah, ancaman dan hukuman. Seseorang yang melakukan belajar berdasarkan keinginan yang muncul dari dalam dirinya tentu membutuhkan waktu dalam proses belajar namun perubahan yang terjadi akan bersifat kekal, sedangkan seseorang yang melakukan proses belajar dengan adanya hadiah atau ancaman biasanya akan terjadi relatif cepat, namun juga akan cepat hilang atau tidak membekas.
Proses belajar yang dilakukan dalam penyuluhan adalah proses pendidikan orang dewasa (adult education/andragogie). Di dalam penyuluhan, pendidikan orang dewasa bersifat sukarelawan, artinya tidak ada paksaan dalam melakukan penyuluhan.
Buku ini membahas mengenai :
Bab 1 Pengertian Belajar Dalam Penyuluhan
Bab 2 Penyuluhan Sebagai Proses Pendidikan
Bab 3 Motivasi Belajar Dalam Penyuluhan Pertanian
Bab 4 Teori-Teori Belajar: Fungsionalistik Dominan Dan Asosiasionistik Dominan
Bab 5 Teori-Teori Belajar: Kognitif Dominan
Bab 6 Teori-Teori Belajar: Neurofisiologis Dominan Dan Evolusioner
Bab 7 Metode Pembelajaran Dalam Penyuluhan
Bab 8 Media Dan Alat Bantu Belajar Dalam Penyuluhan
Bab 9 Fasilitasi Belajar Dalam Penyuluhan Pertanian
Bab 10 Merencanakan Aktivitas Belajar Dalam Penyuluhan Pertanian