Penulis:
Nisa Rahmaniyah Utami, Hani Subakti, Salamun, Suesilowati, Janner Simarmata, Sony Kuswandi, Wita Ferwati, Ati Arvianti. Ade Ismail Fahmi, Agung Kesna Mahatmaharti, Ni Luh Ika Windayani
xii; 170 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-475-2 (print)
E-ISBN: 978-623-342-476-9 (online)
Cetakan 1, Mei 2022
Pendidikan adalah usaha yang dipikirkan dengan matang dan terencana untuk memberikan bimbingan atau bantuan dalam mengembangkan potensi fisik dan mental yang diberikan orang dewasa kepada siswa untuk mencapai kedewasaan dan tujuan agar siswa dapat memenuhi tanggung jawab hidupnya secara mandiri. Pendidikan merupakan suatu peristiwa dasar atau Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dalam kehidupan seseorang di mana hidup itu menjadi pendidikan. Mengembangkan kebutuhan akan pendidikan yang lebih baik dan teratur untuk mengembangkan potensi manusia guna melahirkan pemikiran teoritis tentang pendidikan.
Buku Pengantar Dasar Ilmu Pendidikan ini hadir dengan mengungkapkan beberapa materi di antaranya yaitu :
Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan
Bab 2 : Landasan Filosofis Pendidikan
Bab 3 : Hakikat dan Tujuan Pendidikan
Bab 4 : Manusia dan Pendidikan
Bab 5 : Pembangunan Pendidikan
Bab 6 : Kurikulum dan Pembelajaran
Bab 7 : Lingkungan Pendidikan
Bab 8 : Pendidikan Sebagai Ilmu
Bab 9 : Pendidikan Seumur Hidup
Bab 10 : Belajar dan Pembelajaran
Bab 11 : Sumber dan Media Pembelajaran