Anggota IKAPI

Mikrobiologi Perairan

Penulis:
Ira Erdiandini, Dewi Chusniasih, ZĂ inal Abidin, A. Nurfitriani, Adelya Irawan Manalu, Khaerunissa Anbar Istiadi, Erma Suryanti, Abdus Salam Junaedi, Ismail Marzuki

xii; 138 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-704-3
Cetakan 1, Januari 2023
Harga: Rp 81,000

Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang terdapat di setiap habitat, salah satunya adalah perairan. Mikroorganisme perairan memiliki peranan penting dalam ekosistem di perairan. Mikrooganisme di perairan mampu merespon perubahan baik secara fisik, kimia maupun biologi sehingga dapat digunakan sebagai indikator adanya pencemaran di perairan. Mikrooganisme juga telah banyak digunakan untuk pengelolaan lingkungan perairan karena dapat memperbaiki kualitas lingkungan perairan. Mikroorganisme di lingkungan perairan juga dapat berinteraksi baik dengan sesama mikroorganisme maupun dengan organisme multiseluler.

Buku ini merupakan kolaborasi antara dosen di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia. Tujuan penulisan buku ini untuk mempermudah mahasiswa dan praktisi dalam memahami mikroorganisme di perairan. Buku ini juga dapat digunakan sebagai salah satu buku referensi bagi mahasiswa untuk mempelajari materi dasar mikrobiologi perairan.

Materi dalam buku ini meliputi :
Bab 1 Pengertian dan Sejarah Singkat Mikrobiologi
Bab 2 Sejarah Mikroorganisme
Bab 3 Air Limbah
Bab 4 Kelompok-Kelompok Mikroorganisme
Bab 5 Karakterisasi Mikroorganisme
Bab 6 Teknik Dasar Mikrobiologi
Bab 7 Interaksi Mikroorganisme
Bab 8 Mikroorganisme Perairan Yang Merugikan
Bab 9 Mikroorganisme Perairan Yang Menguntungkan

Bagikan

Tinggalkan Balasan