Penulis:
Angga Sugiarto, Dewi Rejeki, Ira Ocktavia Siagian, Selvia Rahayu, Duma Lumban Tobing, Hermin Husaeni, Dina Yusdiana Dalimunthe, Suci Tuty Putri, Kristina Lisum, Mustaqimah, Tri Yahya Christina
xiv; 164 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-384-7
Cetakan 1, Juli 2024
Harga: Rp 86,400
Komunikasi dalam keperawatan adalah keterampilan kritis yang melibatkan pertukaran informasi, pemikiran, dan perasaan antara perawat dan pasien, serta anggota tim kesehatan lainnya. Efektivitas komunikasi sangat penting untuk memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas tinggi, karena membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan pasien, memberikan edukasi yang tepat, dan memastikan bahwa semua anggota tim kesehatan memiliki pemahaman yang sama mengenai rencana perawatan pasien.
Komunikasi yang baik juga membangun hubungan saling percaya antara perawat dan pasien, yang dapat meningkatkan kenyamanan pasien dan kepatuhan terhadap rencana perawatan. Metode komunikasi dalam keperawatan meliputi komunikasi verbal dan non-verbal, aktif mendengarkan, empati, serta keterampilan interpersonalisme. Selain itu, perawat harus mampu mendokumentasikan informasi dengan akurat dan jelas untuk memastikan kontinuitas perawatan. Keterampilan ini juga mencakup kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai latar belakang budaya dan sosial pasien, serta menggunakan teknologi informasi kesehatan secara efektif untuk mendukung komunikasi yang efisien.
Buku ini membahas :
Bab 1 Pengantar Komunikasi Keperawatan
Bab 2 Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Bab 3 Hambatan Komunikasi
Bab 4 Komunikasi pada Proses Keperawatan
Bab 5 Komunikasi pada Bayi, Anak dan Remaja
Bab 6 Komunikasi pada Orang Dewasa dan Lansia
Bab 7 Komunikasi pada Pasien Berkebutuhan Khusus
Bab 8 Komunikasi terhadap Keluarga dan Komunitas
Bab 9 Pendidikan dan Penyuluhan Kesehatan
Bab 10 Komunikasi Efektif pada Interprofessional Collaboration
Bab 11 Tren dan Isu Komunikasi dalam Pelayanan Kesehatan