Anggota IKAPI

K3 Kesehatan Mental

Penulis:
Melva Epy Mardiana Manurung, Rasmawati, Deasy Handayani Purba, Dyah Widodo, Lestari Rahmah, Johani Dewita Nasution, Sri Nurindasari, Erna Erawati, Indah Mukarromah, Arman Suryani, Melenia Isya Anggraini Br Ginting, Devi Ardila

xiv; 172 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-458-5
Cetakan 1, Agustus 2024
Harga: Rp 87,400

Kesehatan mental dalam konteks K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) merupakan aspek yang sangat penting namun sering kali kurang diperhatikan dalam lingkungan kerja. Kesehatan mental yang baik berkontribusi langsung terhadap produktivitas, kepuasan kerja, dan keseluruhan kesejahteraan karyawan. K3 kesehatan mental mencakup upaya untuk mencegah stres kerja, menangani burnout, serta mengelola kondisi mental yang dapat memengaruhi kinerja individu di tempat kerja. Langkah-langkah yang diambil dalam K3 kesehatan mental meliputi penciptaan lingkungan kerja yang suportif, penyediaan layanan konseling, serta pelatihan untuk mengenali dan menangani masalah kesehatan mental. Dengan memprioritaskan K3 kesehatan mental, perusahaan tidak hanya menjaga kesejahteraan karyawan, tetapi juga meningkatkan keberlangsungan operasional melalui tenaga kerja yang sehat dan bersemangat.

Buku ini membahas :
Bab 1 Definisi dan Konsep Dasar Kesehatan Mental
Bab 2 Kesehatan Mental di Tempat Kerja
Bab 3 Faktor Risiko Kesehatan Mental
Bab 4 Deteksi dan Pencegahan Masalah Kesehatan Mental
Bab 5 Intervensi Kesehatan Mental di Tempat Kerja
Bab 6 Kebijakan Kesehatan Mental di Perusahaan
Bab 7 Analisis Kasus Kesehatan Mental di Tempat Kerja
Bab 8 Pengelolaan Stres
Bab 9 Program Promosi Kesehatan Mental
Bab 10 Dukungan Sosial dan Budaya Kerja
Bab 11 Penggunaan Teknologi dalam Mendukung Kesehatan Mental
Bab 12 Teknik Evaluasi Program Kesehatan Mental

Bagikan