Penulis:
Ahmad Shofiyuddin, Sukarman Purba, Muhammad Nurtanto, Diah Puji Nali Brata, Mangara Sihaloho, Masrid Pikoli, Maya Setia Priyadi, Mukmin, Nobel Kristian Tripandoyo Tampubolon, Nuramila, Nur Sakinah Aries, Nofita Lestariningsih, Sri Utami, Julhim S. Tangio, Janner Simarmata
xvi; 284 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-572-8
Cetakan 1, November 2024
Harga: Rp 120,800
Era Society 5.0 merupakan fase baru dalam evolusi masyarakat, di mana teknologi dan manusia berkolaborasi untuk menciptakan solusi yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Dalam konteks pendidikan, transformasi ini membawa dampak signifikan terhadap peran guru. Di era ini, guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, dan inovator yang mampu membimbing siswa untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat.
Buku ini membahas:
Bab 1 Landasan Teoretis Profesi Guru
Bab 2 Peran dan Tanggung Jawab Guru
Bab 3 Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0
Bab 4 Kompetensi Guru di Era Society 5.0
Bab 5 Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran
Bab 6 Kode Etik dalam Profesi Guru
Bab 7 Tantangan dan Upaya Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0
Bab 8 Manajemen Kelas di Era Society 5.0.
Bab 9 Pengembangan Profesi dan Karir Guru
Bab 10 Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran
Bab 11 Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran
Bab 12 Pentingnya Pembelajaran Kolaboratif
Bab 13 Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PBL)
Bab 14 Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
Bab 15 Pengajaran Keterampilan Abad 21