Anggota IKAPI

Penerapan Internet of Things (IoT) dalam Pendidikan

Penulis:
Muhammad Rusli Baharuddin, Supriadi Syam, Sudirman, Muhammad Rizal, Ghea Chandra S, Muharman Lubis, Syafriadi, Janner Simarmata

xii; 190 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-582-7
Cetakan 1, November 2024
Harga: Rp 90,800

Penerapan Internet of Things (IoT) dalam pendidikan telah membuka berbagai peluang untuk meningkatkan proses belajar-mengajar secara interaktif, efisien, dan personal. IoT memungkinkan perangkat seperti tablet, laptop, papan tulis digital, dan sensor untuk saling terhubung, menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa. Salah satu contoh penerapan IoT adalah penggunaan sensor untuk melacak kehadiran siswa, mengukur suhu dan kualitas udara di ruang kelas, atau bahkan memantau penggunaan energi untuk mendukung lingkungan belajar yang sehat dan hemat energi. Selain itu, IoT juga mendukung pembelajaran adaptif, di mana perangkat pintar dapat mengumpulkan data tentang perkembangan akademik siswa, membantu guru menyesuaikan materi sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar masing-masing individu. Dengan teknologi ini, guru dapat mengakses informasi waktu nyata tentang keterlibatan siswa selama pembelajaran, sementara siswa dapat mengakses materi pembelajaran dan tugas secara langsung melalui perangkat mereka. Secara keseluruhan, penerapan IoT dalam pendidikan menawarkan solusi inovatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih terstruktur, efektif, dan disesuaikan dengan kebutuhan era digital.

Buku ini membahas :
Bab 1 Pengenalan Internet of Things
Bab 2 Teknologi Sensor dan Aktuator dalam IOT
Bab 3 Platform dan Sistem IoT
Bab 4 Data dan Analitik dalam IoT
Bab 5 Aplikasi IoT dalam Lingkungan Kelas
Bab 6 Keamanan dan Privasi Dalam IOT
Bab 7 IoT dalam Pendidikan Jarak Jauh dan Online
Bab 8 Inovasi IoT dalam Pendidikan STEM

Bagikan