Anggota IKAPI

Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan

Penulis:
Muhammad Rusli Baharuddin, Arin Mantara Anggawirya, Ni Putu Rahma Agustina, Safril Kasim, Rini Nafsiati Astuti, Dharma Gyta Sari Harahap, Iswanti Sihaloho, Ermina Sari, Iwan, Wiwin Rewini Kunusa, Iskandar Zainuddin Rela

xiv; 220 hlm; 16 x 23 cm
ISBN:
Cetakan 1, Januari 2025
Harga: Rp 97,600

Buku “Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan” mengupas tuntas metode pembelajaran yang memadukan sains dengan pendekatan lingkungan untuk menciptakan pendidikan yang relevan, interaktif, dan berdampak positif. Buku ini mengangkat prinsip-prinsip pembelajaran berbasis lingkungan, manfaatnya bagi siswa, dan berbagai teknik implementasi yang dapat digunakan di berbagai jenjang pendidikan.

Buku ini membahas :
Bab 1 Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan
Bab 2 Pembelajaran Lingkungan Berbasis Sains
Bab 3 Prinsip-prinsip Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan
Bab 4 Peran Sains dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Lingkungan
Bab 5 Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
Bab 6 Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains
Bab 7 Teknologi dalam Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan
Bab 8 Pendidikan Lingkungan Melalui Sains
Bab 9 Penerapan Sains dalam Konservasi Alam
Bab 10 Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses
Bab 11 Keterlibatan Komunitas dalam Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan

Selain itu, buku ini mengeksplorasi isu-isu lingkungan global, seperti perubahan iklim, kerusakan ekosistem, dan hilangnya keanekaragaman hayati, dengan menekankan peran sains dalam memberikan solusi keberlanjutan. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan metode eksperimen juga dijelaskan secara rinci untuk membantu pendidik menciptakan pembelajaran yang inovatif dan relevan.

Bagikan