Penulis:
Sri Rezeki Fransiska Purba, Hana Lestari, Julhim S. Tangio, Andi Reski, Firmanul Catur Wibowo, Rini Nafsiati Astuti, Nur Azizah Lubis, Nita Suleman, Erwina Oktavianty, Wiwin Rewini Kunusa, Masrid Pikoli, Yusron Abda’u Ansya, Hadi Nasbey
xvi; 282 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-751-7
Cetakan 1, Maret 2025
Harga: Rp 100,600
Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk membantu para pembaca, memahami bahwa isi buku ini merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan Pembangunan Pendidikan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir yang berkenaan dengan Bidang Ilmu Pendidikan.
Buku ini membahas tentang:
Bab 1 Pengenalan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA
Bab 2 Karakteristik Pendekatan Saintifik
Bab 3 Prinsip-prinsip Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA
Bab 4 Peran Observasi Dalam Pembelajaran IPA
Bab 5 Tahapan Pendekatan Saintifik – Pertanyaan
Bab 6 Pengantar Eksperimen dalam Pembelajaran IPA
Bab 7 Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui IPA
Bab 8 Pembelajaran IPA Berbasis Masalah
Bab 9 Menyusun Rencana Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik
Bab 10 Pembelajaran IPA Berbasis Eksperimen
Bab 11 Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Bab 12 Pembelajaran IPA yang Memfasilitasi Keterampilan Kolaborasi
Bab 13 Inovasi dalam Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik