Penulis:
Hary Fandeli, Hendra Halim, Abdurrozzaq Hasibuan, Purna Hindayani, Rianti Ardana Reswari, Syafrida Hafni Sahir, Mursyid Hasnawi, Chairani Fadhila Pravitasari, Mashud, Alfis Yuhendra, Khairul Umam, Agus Suryo Murtopo
xiv; 194 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-760-9
Cetakan 1, Maret 2025
Harga Rp 100,600
Keberlanjutan bukan lagi sekadar pilihan, melainkan menjadi kebutuhan bagi UMKM dalam menghadapi dinamika bisnis modern. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan di berbagai sektor, UMKM perlu mengadopsi strategi yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Buku ini memberikan panduan komprehensif bagi pelaku usaha, akademisi, peneliti, serta pemangku kepentingan lainnya untuk memahami dan menerapkan konsep keberlanjutan dalam pengelolaan UMKM.
Buku ini membahas:
Bab 1 Pengantar Keberlanjutan dalam UMKM
Bab 2 Peran Keberlanjutan dalam Manajemen Strategis UMKM
Bab 3 Strategi Lingkungan untuk UMKM
Bab 4 Aspek Lingkungan dalam Keberlanjutan UMKM
Bab 5 Aspek Sosial Dalam Manajemen UMKM
Bab 6 Triple Bottom Line: Lingkungan, Sosial, Ekonomi
Bab 7 Model Bisnis Berkelanjutan untuk UMKM
Bab 8 Circular Economy dalam UMKM
Bab 9 Teknologi Digital dalam Mendukung Keberlanjutan UMKM
Bab 10 Pengelolaan Sumber Daya untuk UMKM Berkelanjutan
Bab 11 Perancangan Strategi Sustainability pada UMKM
Bab 12 Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Keberlanjutan UMKM