Anggota IKAPI

Manajemen Kelas yang Kreatif

Penulis:
Elfira Rahmadani, Ulfah Umurohmi, Diah Puji Nali Brata, Yusron Abda’u Ansya, Gina Kania, Rifadli Bahsuan, Kartini Hutagaol, Jumaidi Nur, Reska Putri Ismail, ⁠Sri Utami, Sandra J. R Kainde, Nita Lestari

xvi; 240 hlm; 16 x 23 cm
ISBN:
Cetakan 1, Juli 2025

Dalam dinamika dunia pendidikan yang terus berubah—ditandai oleh kemajuan teknologi, tuntutan diferensiasi pembelajaran, serta meningkatnya keberagaman peserta didik—manajemen kelas tidak lagi cukup hanya menekankan pada pengendalian perilaku atau penerapan aturan. Justru, kini dibutuhkan pendekatan yang lebih kreatif, inklusif, dan reflektif, agar guru mampu menciptakan ruang belajar yang bermakna, memotivasi, serta mendukung pertumbuhan siswa secara utuh.

Buku ini membahas:

Bab 1 Pengertian dan Tujuan Manajemen Kelas
Bab 2 Komponen Manajemen Kelas
Bab 3 Membangun Hubungan Positif Dengan Siswa
Bab 4 Strategi Pengelolaan Perilaku Siswa
Bab 5 Pentingnya Komunikasi dalam Manajemen Kelas
Bab 6 Pendekatan Kreatif dalam Manajemen Kelas
Bab 7 Menerapkan Pembelajaran Aktif dalam Kelas
Bab 8 Penggunaan Teknologi dalam Manajemen Kelas
Bab 9 Menciptakan Lingkungan Kelas yang Positif
Bab 10 Strategi Mengelola Waktu Kelas
Bab 11 Menghadapi Tantangan Dalam Manajemen Kelas
Bab 12 Evaluasi dan Refleksi dalam Manajemen Kelas

Bagikan