Anggota IKAPI

Ekosistem Industri Halal

Penulis:
Teuku Muhammad Syahrizal, Hendra Halim, Khairil Umuri, Khoirul Amri, Eka Nurlina, Syahriyal, Fuadi, ⁠Falahuddin, ⁠Najla, Syukriy Abdullah, Muftahuddin

xii; 170 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-968-9
Cetakan 1, Agustus 2025
Harga: Rp 108,600

Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia memiliki potensi besar dalam pengembangan industri halal. Namun, optimalisasi potensi tersebut memerlukan pemahaman yang menyeluruh tentang berbagai aspek ekosistem halal, mulai dari landasan hukum syar’i dan positif, kriteria kehalalan produk barang dan jasa, hingga tantangan dan peluang di sektor UMKM, pariwisata, fashion, dan halal supply chain.

Buku ini membahas:
Bab 1 Pengantar Ekosistem Industri Halal
Bab 2 Landasan Hukum Syar’i dan Positif pada Industri Halal
Bab 3 Kriteria Kehalalan Pada Produk (Barang Dan Jasa)
Bab 4 Sejarah Perkembangan Labelisasi Halal di Indonesia
Bab 5 Industri Halal di Sektor Makanan dan Minuman
Bab 6 Indutri Halal Sektor Fashion
Bab 7 Pariwisata Halal
Bab 8 Halal Supply Chain
Bab 9 Peluang Dan Tantangan Industri Halal Pada UMKM
Bab 10 Peran Perguruan Tinggi dalam Industri Halal
Bab 11 Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Industri Halal

Buku ini juga mengulas peran strategis perguruan tinggi serta lembaga keuangan syariah dalam memperkuat industri halal. Diharapkan melalui pemahaman terhadap konsep, regulasi, dan praktik terbaik yang disajikan dalam buku ini, para pembaca dapat memperoleh wawasan yang utuh dan aplikatif dalam mendukung kemajuan industri halal.

Bagikan