Penulis:
Dewi Rosa Indah, Endang Hariningsih, Annisa Ilmi Faried, Mardia, Nova Novitasari, Fajrillah, Desy Astrid Anindya, Doris Yolanda Saragih, Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Jusra Tampubolon, Ledy Mahara Ginting, Iskandar Zainuddin Rela
xvi; 236 hlm; 16 x 23 cm
ISBN:
Cetakan 1, Oktober 2025
arga: Rp 110,800
Perkembangan teknologi informasi, digitalisasi layanan, konektivitas internet, platform ekonomi, kecerdasan buatan, serta transformasi model bisnis telah menciptakan dinamika baru dalam struktur ekonomi global dan nasional. Di era ini, inovasi bukan lagi sekadar pilihan, melainkan kebutuhan strategis bagi perusahaan, pemerintah, dan masyarakat agar mampu bertahan serta berkembang. Dalam konteks tersebut, pemahaman mengenai ekosistem digital, inovasi berbasis platform, entrepreneurship digital, e-commerce, fintech, hingga tata kelola dan regulasi digital menjadi sangat penting untuk dipahami secara mendalam.
Secara lengkap buku ini membahas:
Bab 1 Pengantar Ekonomi Digital: Definisi, Ruang lingkup, dan
Perkembangannya
Bab 2 Perbedaan Ekonomi Tradisional dan Ekonomi Digital
Bab 3 Ekosistem Ekonomi Digital: Platform, Teknologi, dan Regulasi
Bab 4 Konsep Inovasi Digital Dan Perannya Dalam Bisnis
Bab 5 Model Inovasi Terbuka (Open Innovation)
Bab 6 Inovasi Berbasis Platform (Platform-Based Innovation)
Bab 7 Digital Entrepreneurship: Start Up dan Ekosistemnya
Bab 8 Strategi Transformasi Bisnis di Era Digital
Bab 9 E-commerce Strategi, Tren, dan Perkembangannya
Bab 10 Fintech dan Digital Payment Systems
Bab 11 Kebijakan dan Regulasi Ekonomi Digital di Indonesia
Bab 12 Tantangan Sosial Ekonomi akibat Transformasi Digital
