Anggota IKAPI

Metodologi Penelitian Pendidikan: Panduan Praktis

Penulis:
Susana Labuem, Ermina Sari, Salamun, Asri Yulianda, Isnani Arianti, ⁠Julhim S. Tangio, Rustam I. Husain, ⁠Nita Lestari, Ima Rahmawati, Nita Suleman, Gamar Al Haddar, Khairul Bariah Munthe, Risma Nurlim, Wiwin Rewini Kunusa

xiv; 232 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-634-260-015-3
Cetakan 1, September 2025
Harga: Rp 110,800

Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metodologi penelitian sebagai fondasi utama dalam pengembangan ilmu pendidikan. Penelitian bukan hanya menjadi sarana untuk menemukan pengetahuan baru, tetapi juga sebagai instrumen penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, memperbaiki kebijakan pendidikan, serta menjawab tantangan di era global yang semakin kompleks.

Buku ini membahas:
Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan
Bab 2 Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Penelitian dalam Pendidikan
Bab 3 Paradigma Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methods
Bab 4 Identifikasi Masalah Penelitian Pendidikan
Bab 5 Kajian Pustaka dan Penyusunan Kerangka Teori
Bab 6 Penyusunan Hipotesis dan Asumsi Penelitian
Bab 7 Desain Penelitian Kuantitatif: Eksperimen, Survei, Korelasional
Bab 8 Desain Penelitian Kualitatif: Studi Kasus, Etnografi, dan
Fenomenologi
Bab 9 Metode Campuran (Mixed Methods) dalam Penelitian Pendidikan
Bab 10 Validitas, Reliabiltas dan Thrustworthtiness Penelitian
Bab 11 Teknik Wawancara, Observasi dan Dokumentasi dalam
Bab 12 Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen
Bab 13 Etika Penelitian Pendidikan
Bab 14 Penulisan Metodologi Penelitian

Bagikan