Anggota IKAPI

Kewirausahaan dan Etika Bisnis

Penulis:
Khairul Umam, Intan Mustika Sari, Rahmattullah, Reza Shah Pahlevi, Vista Uli Sihombing, Sharon K.D Wardoyo, Priyantini Dewi, Yuni Aryani Koedoes, Idah Kusuma Dewi, Mailisa, Ruth Dameria Haloho

xii; 204 hlm; 16 x 23 cm
ISBN:
Cetakan 1, November 2025
Harga Rp 125,600

Kewirausahaan tidak lagi hanya dipahami sebagai aktivitas menciptakan bisnis, tetapi juga sebagai proses berpikir, bertindak, dan berinovasi yang memberikan nilai bagi masyarakat. Oleh karena itu, buku ini dirancang secara komprehensif dan terstruktur, mulai dari pengantar konsep kewirausahaan, pembangunan mindset wirausaha, kreativitas dan inovasi melalui design thinking, analisis peluang usaha, perumusan model bisnis, strategi pemasaran modern, hingga manajemen operasional dan sumber daya manusia. Selain itu, pembahasan mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosial disertakan sebagai fondasi moral sehingga wirausahawan tidak hanya fokus pada keuntungan, tetapi juga keberlanjutan dan dampak sosial.

Buku ini membahas:
Bab 1 Pengantar dan Ruang Lingkup Kewirausahaan
Bab 2 Membangun Mindset Wirausaha
Bab 3 Kreativitas dan Inovasi dengan Design Thinking
Bab 4 Analisis Peluang Usaha dengan PESTLE, SWOT, dan Porter’s Five
Forces
Bab 5 Business Model Canvas (BMC)
Bab 6 Segmenting, Targeting, Positioning (STP)
Bab 7 Marketing Mix (4P & 7P) dan Branding Dalam Era Digital dan Bisnis
Beretika
Bab 8 Aspek Operasional dan Produksi
Bab 9 Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial
Bab 10 Membangun Tim dan Mengelola Sumber Daya Manusia
Bab 11 Pembuatan Rencana Bisnis dan Feasibility Study

Bagikan