Penulis:
Nita Suleman, Chika Gianistika, Elisa Br Ginting, Agung Nugroho Catur Saputro, Sri Utami, Mangara Sihaloho, Iwan, Nita Lestari, Rifadli Bahsuan, Monika Handayani Br Ginting, Ulfah Umurohmi, Farid, Janner Simarmata, Hani Subakti, Sukarman Purba
xvi; 245 hlm; 16 x 23 cm
ISBN:
Cetakan 1, November 2025
Harga: Rp 129,400
Transformasi kognitif merupakan konsep penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam menghadapi tuntutan pembelajaran abad ke-21 yang menekankan kemampuan berpikir kritis, kreatif, analitis, kolaboratif, dan reflektif. Perubahan cara berpikir peserta didik tidak terjadi secara instan, tetapi melalui proses konstruksi pengetahuan, refleksi pengalaman, aktivasi skemata, interaksi sosial, serta intervensi pembelajaran yang didesain secara bermakna. Oleh karena itu, pendidik membutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai teori, prinsip, dan strategi yang dapat mengarahkan terjadinya transformasi tersebut.
Buku ini membahas:
Bab 1 Pengantar Transformasi Kognitif
Bab 2 Pandangan Konstruktivisme terhadap Transformasi Kognitif
Bab 3 Teori Metakognisi dan Self-Regulated Learning
Bab 4 Humanisme dan Perspektif Pembelajaran Bermakna
Bab 5 Tingkatan Kognitif (Bloom & Anderson-Krathwohl)
Bab 6 Konsep Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Bab 7 Hubungan antara Memori, Penalaran, dan Kreativitas Dalam
Transformasi Kognitif
Bab 8 Aktivasi Skemata dan Pengetahuan Awal
Bab 9 Penguatan Konsep melalui Diskusi, Kolaborasi, dan Argumentasi
Bab 10 Konsep Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dan Scaffolding
Bab 11 Model-Model Pembelajaran Berbasis Transformasi Kognitif
Bab 12 Integrasi Teknologi dalam Transformasi Kognitif
Bab 13 Asesmen Kognitif dalam Pembelajaran
Bab 14 Tantangan dan Hambatan dalam Implementasi Transfomasi Kognitif
