Penulis:
Evita Aurilia Nardina, Etni Dwi Astuti, Wahyuni, Yusria, Noviyati Rahardjo Putri, Dina Dewi Anggraini, Siti Maryani, Puji Hastuti, Niken Bayu Argaheni, Winarsih, Hanna Sriyanti Saragih
xii; 160 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-199-7
Cetakan 1, Agustus 2021
Pelayanan Kebidanan merupakan bentuk pelayanan profesional yang menjadi bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan secara mandiri, kolaborasi, dan/atau rujukan. Pelayanan ini diberikan kepada perempuan selama masa sebelum hamil, masa kehamilan, persalinan, masa nifas, neonatus, bayi, balita, anak prasekolah, dan keluarga berencana yang sesuai dengan tugas dan kewenangannya. Jadi, pelayanan praktik kebidanan sangat erat terkait dengan hal dan perihal hidup manusia, bahkan sejak sebelum individu manusia tersebut berada dalam kandungan ibunya.
Praktik kebidanan bersifat komprehensif sehingga selain menguasai keilmuan terkait langsung dengan layanan kebidanan, bidan perlu memahami aspek etika; kode etik; dan moralitas, regulasi terkait pelayanan kesehatan dan reproduksi, dan standar pelayanan kebidanan.
Pembahasan dalam buku ini:
Bab 1 Konsep Etika Moral Dalam Praktik Kebidanan
Bab 2 Etika Profesi Bidan
Bab 3 Kode Etik Profesi Bidan
Bab 4 Nilai Personal dan Profesional Bidan
Bab 5 Dasar Hukum/Peraturan dan Perundang – Undangan Dalam Praktik Kebidanan
Bab 6 Permasalahan Etika Moral dan Dilema Dalam Praktik Kebidanan
Bab 7 Aspek Legal Pelayanan Kebidanan
Bab 8 Isu Etik, Moral, dan Pengambilan Keputusan Dalam Pelayanan Kebidanan
Bab 9 Teori Mendasari Pengambilan Keputusan
Bab 10 Melaksanakan Tugas Sebagai Bidan Berdasarkan Etik dan Kode Etik Profesi
Bab 11 Memecahkan Masalah Yang Berkaitan Dengan Etikolegal Pelayanan Kebidanan
Puput Datundugon
Sangat bagus