Penulis:
Agung Nugroho Catur Saputro, Sony Kuswandi, Sukarman Purba, Novita Aswan, Eka Afrida Ermawati, Ika Yuniwati, Iskandar Kato, Aprilia Divi Yustita, Ima Rahmawati, Hana Lestari, Siska Aprilia Hardiyanti, Suesilowati, Hani Subakti
xiv; 186 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-403-5
Cetakan 1, Februari 2022
Mutu dalam percakapan sehari-hari sebagian besar dipahami sebagai sesuatu yang absolut. Dalam definisi yang absolut, sesuatu yang bermutu merupakan bagian dari standar yang sangat tinggi yang tidak dapat diungguli. Produk-produk yang bermutu adalah sesuatu yang dibuat dengan sempurna dan dengan biaya yang mahal. Produk-produk tersebut dapat dinilai serta membuat puas dan bangga para pemiliknya. Mutu dalam pandangan ini digunakan untuk menyampaikan keunggulan status dan posisi, dan kepemilikan terhadap barang yang memiliki “mutu”, akan membuat pemiliknya berbeda dari orang lain yang tidak mampu memilikinya. Mutu dalam pengertian yang demikian, lebih tepat disebut dengan “high quality” atau “top quality” yang bermakna mutu tinggi. Mutu atau kualitas menjadi isu penting dalam pengelolaan organisasi, perusahaan, ataupun institusi pendidikan. Karena mutu atau kualitas merupakan tujuan dari setiap proses manajemen, maka Manajemen Mutu Terpadu (MMT) menjadi penting untuk diimplementasikan di setiap organisasi, perusahaan, maupun institusi pendidikan.
Pembahasan dalam buku ini disajikan dalam 13 Bab yaitu :
Bab 1 Konsep Dan Pengertian Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (MMT)
Bab 2 Filosofi Mutu
Bab 3 Memahami Pelanggan Dan Kepuasannya
Bab 4 Perkembangan Mutu
Bab 5 Pemikir Mutu: Juran, Deming, Crosby, Ishikawa Dan Feigenbaun
Bab 6 Jaminan Mutu (Quality Assurance)
Bab 7 Gugus Kendali Mutu
Bab 8 Mutu Pendidikan: Mutu Jasa Pelayanan
Bab 9 Manajemen Mutu Pendidikan (Indikator)
Bab 10 Manajemen Mutu Berbasis Sekolah
Bab 11 Peningkatan Mutu Akademik
Bab 12 Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
Bab 13 Benchmarking Mutu Pendidikan