Anggota IKAPI

Sains, Teknologi, dan Masyarakat

Penulis:
Imam Rofiki, Devy Stany Walukow, Muhammad Hasan, Gamar Al Haddar, Karwanto, Firmanul Catur Wibowo, Dina Rahmi Darman, Agung Nugroho Catur Saputro, Nova Florentina Ambarwati, Dina Chamidah, Hadi Nasbey

xiv; 188 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-691-6
Cetakan 1, Januari 2023
Harga: Rp 90,400
SOFTCOPY

Pembelajaran STM dapat dipandang sebagai pendekatan yang tepat untuk konten yang secara dekat dan konkret dikontekstualisasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa dan mencakup hubungan yang jelas dengan sudut pandang masyarakat, lingkungan, atau teknologi yang mengacu pada kehidupan masyarakat dan pengambilan keputusan. Pembelajaran STM mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan justifikasi untuk menemukan hubungan antara pengalaman sehari-hari mereka dan pertimbangan yang lebih global. Dalam pembelajaran STM, guru dan siswa bersama-sama mengajukan pertanyaan untuk mempertimbangkan fenomena ilmiah yang bermakna bagi kehidupan mereka. Siswa terlibat dalam diskusi sosio-saintifik dan mampu berargumentasi tentang fenomena lingkungan yang kompleks dari beberapa perspektif masyarakat.

Buku ini berisi penjabaran secara lengkap tentang STM. Buku ini terdiri atas 11 bab sebagai berikut.
Bab 1 Pengantar Sains Teknologi Masyarakat
Bab 2 Sains Teknologi Masyarakat dalam Studi Sosial
Bab 3 Landasan Konstruktivisme dan Pragmatisme
Bab 4 Ranah Afektif dalam Sains Teknologi Masyarakat
Bab 5 Kreativitas dalam Sains Teknologi Masyarakat
Bab 6 Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat
Bab 7 Inkuiri, Penilaian dan Pengambilan Keputusan
Bab 8 Kaitan antara Sains, Teknologi dan Masyarakat serta Pembelajarannya
Bab 9 Pendekatan Kontekstual dan Keterampilan Hidup
Bab 10 Pengembangan Pendekatan STM Menjadi Model Pembelajaran
Bab 11 Modal STM pada Berbagai Mata Pelajaran Alam dan Studi Sosial

Bagikan
Previous Article

Tinggalkan Balasan