Anggota IKAPI

Gamifikasi dalam Pembelajaran

Penulis:
Arif Dwinanto, Susana Labuem, Nurul Mahruzah Yulia, Ely Syafitri, Michael Recard, Janner Simarmata

x; 88 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-292-5
Cetakan 1, Mei 2024
Harga: Rp 75,600

Gamifikasi, atau penggunaan elemen-elemen permainan dalam konteks non-permainan, telah menunjukkan potensinya yang luar biasa dalam membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, kami menggali lebih dalam mengenai bagaimana prinsip-prinsip gamifikasi dapat diterapkan di ruang kelas, dari teori dasar hingga implementasi praktis.

Buku ini ditujukan untuk guru, pendidik, pengembang kurikulum, dan semua orang yang tertarik untuk mengintegrasikan teknik gamifikasi dalam pendidikan. Melalui pembahasan yang mendalam dan contoh-contoh nyata, kami berharap pembaca dapat memahami dan mengimplementasikan gamifikasi sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan pengalaman belajar.

Buku ini terdiri dari beberapa bab, di antaranya:
Bab 1 Pengantar Gamifikasi Dalam Pembelajaran
Bab 2 Dasar-Dasar Teori Permainan
Bab 3 Mekanisme Permainan dan Dinamika Gamifikasi dalam Pembelajaran
Bab 4 Narasi dan Cerita dalam Gamifikasi
Bab 5 Teknologi dan Alat untuk Gamifikasi
Bab 6 Evaluasi dan Feedback dalam Gamifikasi

Bagikan