Penulis:
Abba Suganda Girsang, Febryan Grady, Vincentius Loanka Sinaga, Sarah Safitri, Vincent, Wanda Safira
xii; 74 hlm; 16 x 23 cm
E-ISBN: 978-623-113-665-7
Cetakan 1, Januari 2025
Harga: Rp 70,600
Buku “Data Warehouse untuk Business Intelligence” adalah panduan komprehensif yang mengupas perancangan, implementasi, dan pemanfaatan data warehouse sebagai dasar untuk analisis bisnis cerdas. Buku ini memberikan pendekatan yang praktis dan teoritis untuk memahami bagaimana data warehouse dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih efektif dan berbasis data.
Bab-bab awal buku ini memperkenalkan perbedaan antara data transaksi dan data laporan, serta pentingnya memahami kedua jenis data tersebut untuk analisis bisnis. Dalam bagian ini, dijelaskan pula cara perancangan data transaksi yang benar melalui teknik seperti Entity-Relationship Diagram (ERD) dan normalisasi.
Bagian berikutnya membahas tentang data warehouse sebagai basis data laporan. Buku ini menguraikan langkah-langkah perancangan data warehouse, termasuk penerapan model star schema dan snowflake schema untuk memaksimalkan efisiensi penyimpanan dan akses data. Penulis juga menyajikan perbandingan antara pendekatan Kimball dan Inmon, dua metodologi populer dalam pembangunan data warehouse.
Keunggulan buku ini terletak pada bab studi kasus yang aplikatif. Contoh kasus seperti analisis data streaming musik dan analisis data kelulusan memberikan pembaca wawasan praktis tentang penerapan proses ETL (Extract, Transform, Load), pembuatan dashboard, dan analisis data secara visual menggunakan alat bisnis intelligence.
Buku ini dirancang untuk mahasiswa, profesional TI, dan praktisi bisnis yang ingin memahami cara membangun dan memanfaatkan data warehouse. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan disertai ilustrasi yang relevan, buku ini menjadi referensi penting bagi siapa saja yang ingin menguasai konsep dan aplikasi data warehouse untuk mendukung transformasi digital dan pengambilan keputusan berbasis data.