Penulis: 
Hary Fandeli, Hendra Halim, Abdurrozzaq Hasibuan, Purna Hindayani, Rianti Ardana Reswari, Syafrida Hafni Sahir, Mursyid Hasnawi, Chairani Fadhila Pravitasari, Mashud, Alfis Yuhendra, Khairul Umam, Agus Suryo Murtopo
xiv; 194 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-113-760-9
Cetakan 1, Maret 2025
Harga Rp 100,600
Keberlanjutan bukan lagi sekadar pilihan, melainkan menjadi kebutuhan bagi UMKM dalam menghadapi dinamika bisnis modern. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan di berbagai sektor, UMKM perlu mengadopsi strategi yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Buku ini memberikan panduan komprehensif bagi pelaku usaha, akademisi, peneliti, serta pemangku kepentingan lainnya untuk memahami dan menerapkan konsep keberlanjutan dalam pengelolaan UMKM.
Buku ini membahas:
 Bab 1 Pengantar Keberlanjutan dalam UMKM
 Bab 2 Peran Keberlanjutan dalam Manajemen Strategis UMKM
 Bab 3 Strategi Lingkungan untuk UMKM
 Bab 4 Aspek Lingkungan dalam Keberlanjutan UMKM
 Bab 5 Aspek Sosial Dalam Manajemen UMKM
 Bab 6 Triple Bottom Line: Lingkungan, Sosial, Ekonomi
 Bab 7 Model Bisnis Berkelanjutan untuk UMKM
 Bab 8 Circular Economy dalam UMKM
 Bab 9 Teknologi Digital dalam Mendukung Keberlanjutan UMKM
 Bab 10 Pengelolaan Sumber Daya untuk UMKM Berkelanjutan
 Bab 11 Perancangan Strategi Sustainability pada UMKM
 Bab 12 Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Keberlanjutan UMKM
