Anggota IKAPI

Pengelolaan Kelas yang Efektif dan Inklusif

Penulis:
Ahmad Fakhri Hutauruk, Iskandar Kato, ⁠Janner Simarmata, Mangara Sihaloho, Yurfiah, Ernawati, Wiwin Rewini Kunusa, Puspita D. Agustin, Nila Viayanti Mala, Julhim S. Tangio, Elisa Br Ginting, Ayu Hidayanti Ali, Nita Suleman

xvi; 226 hlm; 16 x 23 cm
ISBN:
Cetakan 1, Mei 2025
Harga: Rp 112,800

Penulisan buku ini dilandasi oleh keprihatinan penulis terhadap kondisi pengelolaan kelas di berbagai lembaga pendidikan sekolah dasar maupun sekolah menengah, khususnya di Indonesia, yang masih menghadapi beragam tantangan, baik dari segi kualitas, inklusifitas, maupun relevansi pendekatan pembelajarannya. Masih banyak ruang yang perlu diperbaiki dalam praktik pengelolaan kelas, terutama agar proses pembelajaran tidak hanya efektif dalam pencapaian akademik, tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi, dan mengakomodasi keberagaman peserta didik.

Buku ini membahas:
Bab 1 Konsep Pengelolaan Kelas
Bab 2 Teori-teori Pengelolaan Kelas
Bab 3 Ciri-ciri Kelas Efektif
Bab 4 Strategi Preventif
Bab 5 Pendidikan Inklusif
Bab 6 Identifikasi Keberagaman
Bab 7 Pengelolaan Kelas Inklusif
Bab 8 Teknik Observasi dan Asesmen
Bab 9 Peran Teman Sebaya
Bab 10 Desain Lingkungan Kelas
Bab 11 Resolusi Konflik
Bab 12 Teknologi dalam Kelas Inklusif
Bab 13 Desain Perangkat Pembelajaran

Bagikan