Mengelola Sumber Daya Sistem Komputer dengan Bahasa Assembly

Penulis:
Robin, Jusin, Ferawaty, Wenripin, Okky Putra Barus

viii; 186 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-7645-48-1
Cetakan 1, Maret 2020

Berbagai peralatan canggih berbasis komputer seperti komputer tablet dan smartphone membuat kehidupan masyarakat pengguna teknologi menjadi lebih mudah. Baik kemudahan dalam mendapatkan informasi terbaru, pemesanan layanan transportasi online, pengiriman barang online, pemesanan makanan online hingga kepada permainan (games), streaming video, karaoke online dan hiburan online lainnya. Semua peralatan tersebut tidak terlepas dari peran sistem komputer yang terdapat di dalam setiap peralatan berbasis komputer tersebut.

Semua peralatan komputer pada dasarnya merupakan perangkat elektronik yang bekerja dengan sinyal-sinyal elektronik yang dihasilkan dari sebuah proses otomasi elektronik yang terjadi di dalam arsitektur perangkat keras berbasis komputer yang telah dihasilkan dari bidang industri perangkat keras komputer. Dengan kata lain, masyarakat pengguna teknologi dapat menikmati semua kemudahan tersebut berkat perangkat keras berbasis komputer besarta dengan manajemen dan organisasi sumber daya komputasi perangkat keras yang bekerja pada level mesin elektronik perangkat berbasis komputer tersebut.

Umumnya aplikasi yang ada di pasaran saat ini menuntut spesifikasi perangkat keras komputer yang cukup tinggi dan kapasitas penyimpanan yang sangat besar yang tentunya menyebabkan pengguna terpaksa harus membeli komputer ataupun smartphone dengan spesifikasi tinggi yang tentunya sangat mahal. Hal ini disebabkan karena semua aplikasi yang ada saat ini dibangun dari Application Programming Interface (API) ataupun fitur-fitur jadi baik yang disediakan oleh sistem operasi (OS) komputer ataupun dibuat oleh pihak vendor lainnya yang pada dasarnya kurang memberdayakan sumber daya komputasi sehingga menyebabkan pemborosan dimana aplikasi-aplikasi tersebut menyebabkan pemborosan sumber daya komputasi komputer dan smartphone dengan spesifikasi yang sangat tinggi padahal aplikasi-aplikasi tersebut hanya aplikasi yang tergolong sederhana ataupun tidak terlalu rumit. Masalah ini dapat diatasi dengan memanfaatkan pemrograman assembly yang secara langsung bekerja dengan hardware sehinga program aplikasi yang dirancang dapat bekerja lebih cepat dan program aplikasi yang dihasilkan hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan sangat kecil.

Buku ini membahas tentang bagaimana semua sumber daya komputasi seperti keyboard, mouse, layar teks dan grafik diberdayakan dan diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman assembly dan C++ hingga kepada pengolahan citra dan pembuatan animasi yang masih dapat dikembangkan lagi menjadi driver VGA universal ataupun kernel grafik bagi yang mendalami bidang pengembangan OS komputer. Dengan diterbitkannya buku ini, semoga buku ini bermanfaat bagi peneliti, dosen, mahasiswa ataupun semua yang berminat untuk mempelajari pemberdayaan sumber daya komputasi dengan pemrograman assembly.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *