Manajemen Konflik Berbasis Sekolah

Penulis:
Ana Widyastuti, Ni Luh Ika Windayani, Sukarman Purba, Karwanto, Imas Komariyah, Bonaraja Purba, Moch. Yusuf Tojiri, Pratiwi Bernadetta Purba

xiv; 150 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-6840-02-3
Cetakan 1, Desember 2020

Intisari dari buku ini adalah bagaimana mengelola konflik yang terjadi di sekolah. Seorang pimpinan yang ingin memajukan lembaganya atau sekolahnya harus mengetahui fungsi manajemen konflik yakni untuk menghindari konflik, mengakomodasi (memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah harus memahami faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya konflik, baik konflik di dalam individu maupun konflik antarperorangan serta konflik yang disebabkan dari dalam maupun luar sekolah.

Pemahaman faktor-faktor tersebut akan lebih memudahkan tugasnya dalam hal menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi dan menyalurkannya ke arah perkembangan yang positif. Apabila konflik dapat dikelola dengan baik sehingga tidak meningkat menjadi kekerasan terbuka, maka perbedaan di kalangan siswa yang bersumber dari kemajemukan latar belakang mereka justru menjadi bagian dari pengalaman belajar dan tumbuh.

Buku ini terdiri dari 8 Bab yang mendiskusikan mengenai:
Bab 1 Konsep Dasar Konflik di Sekolah
Bab 2 Jenis-Jenis Konflik di Sekolah
Bab 3 Penyebab dan Dampak Konflik di Sekolah
Bab 4 Peran Komunikasi Dalam Manajemen Konflik Di Sekolah
Bab 5 Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Gaya Manajemen Konflik Di Sekolah
Bab 6 Mediasi dan Negosiasi di Sekolah
Bab 7 Pengembangan Pendekatan Dalam Manajemen Konflik Di Sekolah
Bab 8 Gaya Manajemen Konfik di Sekolah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *