Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains

Penulis:
Nurul Huda Panggabean dan Amir Danis

xvi; 140 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-6840-23-8
Cetakan 1, Desember 2020

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan dalam bidang pendidikan ini tentunya mengarah pada proses pembelajaran yang ada di kelas, baik itu pada peran guru yang notabene bukan lagi sebagai pemberi informasi namun sudah lebih sebagai fasilitator yang harus mampu menjembatani ilmu pengetahuan agar sampai ke peserta didik, mampu mengarahkan agar peserta didik dapat menemukan jawabannya sendiri.

Selain peran guru, perkembangan di dunia pendidikan mengarah pada metode pembelajaran yang diharapkan lebih bersifat interaktif sehingga mampu menciptakan suasana belajar dan kelas yang menyenangkan dan tanpa unsur keterpaksaan, juga pada peningkatan kualitas bahan ajar yang digunakan. Tujuan adanya pengembangan dalam bahan ajar yang digunakan tentunya tidak terlepas dari tujuan instruksional yang harus dicapai para peserta didik.

Pembahasan menarik dalam buku ini tentu saja dapat memberikan informasi kepada para pembaca mengenai jenis bahan – bahan ajar serta kelemahan dan kelebihannya, model – model pengembangan bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk peaku pendidikan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajaran, tahapan – tahapan dalam proses pengembangan bahan ajar tersebut dan hasil dari beberapa penelitian para peneliti yang telah mengembangkan bahan ajarnya dengan beberapa model pengembangan yang disampaikan. Jelas tujuan disini agar para pembaca dapat memahami dan mempertimbangkan lebih lanjut tentang penelitian terkait research and development (R & D).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *