Anggota IKAPI

Feminist Entrepreneurship

Penulis:
Mariana Simanjuntak, Ilma Indriasri Pratiwi, Deske W. Mandagi, Nurma Fitrianna, Moses Lorensius Parlinggoman Hutabarat, Sharon K. Dewi Wardoyo, Unang Toto Handiman, Syafrida Hafni Sahir, A. Nururrochman Hidayatulloh, Abraham LP Lelengboto, Aksa, Andrew Ridow Johanis M

xiv; 176 hlm; 16 x 23 cm
ISBN: 978-623-342-891-0
Cetakan 1, Juli 2023
Harga: Rp 88,800

Perempuan wirausaha berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, nasional dan memperkuat ekonomi sebagian besar negara. Perempuan memiliki peran dalam pengentasan kemiskinan dan isolasi sosial. Namun, persentase wanita yang memilih untuk berusaha lebih rendah dibanding laki-laki, dan perbedaan ini timbul sering karena diskriminatif, stereotip, seperti akses terbatas ke sumber daya, pendidikan, dan pengalaman bisnis. Melalui perspektif Gender Theory dilakukan pendekatan untuk menelaah dan memperbaiki masalah gender. Gender Theory dalam buku ini menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan pada dasarnya sama. Kesamaan ini dapat ”terjadi” bila siapa pun memiliki akses yang sama maka akan berperilaku sama.

Buku ini menciptakan kesadaran bagi masyarakat dan penyedia sumber daya bahwa perempuan mampu untuk berbisnis dan berusaha secara mandiri, sejajar dengan laki-laki. Perempuan wirausaha secara luas diakui sebagai pemilik peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan sosial dan menolak ketidaksetaraan.

Keseluruhan isi buku ini disusun dalam 12 Bab, yaitu:
Bab 1 Wirausaha dalam Perspektif Gender Theory
Bab 2 Womenpreneur
Bab 3 Kewirausahaan Perempuan Berbasis Teknologi
Bab 4 Ekonomi Feminis
Bab 5 Kewirausahaan sebagai Emansipasi
Bab 6 Faktor Sosial Budaya terhadap Pengusaha Perempuan
Bab 7 Stereotip Gender
Bab 8 Pengembangan Kewirausahaan Perempuan
Bab 9 Inkubator Bisnis Perempuan
Bab 10 Inovasi Bisnis Keluarga
Bab 11 Tren dan Tantangan Kewirausahaan Perempuan
Bab 12 Pengusaha Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan

Bagikan

Tinggalkan Balasan